30
Jun
09

Pencuri Gunakan Google Earth untuk Lacak Target

Google Earth Beberapa pencuri di Inggris yang terampil di bidang teknologi menggunakan Google Earth untuk melacak keberadaan targetnya, ikan koi carp yang mahal. Para pencuri tersebut menggunakan sistem pemetaan internet itu untuk melacak kebun rumah yang dilengkapi kolam berisi ikan dengan harga relatif mahal.

Dua belas kasus pencurian ikan koi carp hingga mencapai kerugian ribuan poundsterling dilaporkan terjadi di Hull, East Yorks, dalam 3 pekan terakhir. Petugas pertahanan sipil Sam Gregory menjelaskan bukti-bukti yang terkumpul menunjukkan bahwa pencuri menggunakan Google Earth untuk melacak targetnya.

Google Earth dilengkapi sistem pemetaan canggih yang memungkinkan pemakainya melacak keberadaan benda berharga yang ditempatkan di ruang belakang rumah. "Google menunjukkan apa yang terdapat di taman (belakang rumah) dan memungkinkan pemakainya melihat isi kolam di sekitarnya," ucap Sam Gregory. 

"Salah satu rumah yang jadi incaran pencurian dilengkapi gerbang setinggi 2,5 meter dan tidak terletak dekat jalan raya. Kolam ikan rumah itu terletak di sisi pojok rumah dan tidak terlihat dari luar. Apabila Anda tidak berdiri di dekat tembok rumah itu, maka Anda tidak akan dapat mendengar gemericik aliran air," ujarnya.

"Mereka (para pencuri) mencuri ikan yang berukuran kecil karena mereka tahu bahwa ikan-ikan itu dapat bertahan hidup lebih lama (ketimbang ikan berukuran besar) tanpa air," ujar salah satu warga, Robert Barnes, yang di antaranya kehilangan 4 ikan koi. "Tetangga saya mengaku melihat 2 pria muda yang menaiki sebuah sepeda dilengkapi dengan sebuah kotak dan jaring besar berwarna hitam," ujarnya.

Adapun Nigel Dawson (40) terbangun pada suatu pagi dan mendapati sistem filter serta 13 ikan koi carpnya yang mahal raib dari kolam yang terletak di kebun belakang rumahnya. "Saya tidak menyangka (terjadi pencurian ikan). Saya tidak mendengar atau melihat apa pun (yang mencurigakan)," katanya.

Seorang juru bicara Google menjelaskan, mesin pencari ini hanya merupakan 1 provider yang menyediakan berbagai gambar satelit hasil pemetaan. Google Earth menyediakan informasi di seluruh dunia dengan sumber luas, baik dari publik, maupun komersial.
"Dengan demikian, risiko keamanan dari penggunaan Google Earth sulit dibendung. Ini karena ketersediaan komersial secara luas gambar satelit yang beresolusi tinggi dari setiap negara di dunia," ungkap juru bicara Google.

"Tidak ada yang bisa berargumentasi bahwa teknologi ini menjadi pemicu aksi kriminal karena tanggung jawab (dari kemutakhiran teknologi ini) terletak pada pemakainya."

 

Technorati Tags: ,

0 Responses to “Pencuri Gunakan Google Earth untuk Lacak Target”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: