02
Jul
09

Inilah Orang-Orang yang Berhak Atas Warisan Jackson

MJ Sebuah surat wasiat yang ditandatangani Michael Jackson yang menyebutkan warisan senilai jutaan dolar AS untuk ketiga anaknya dan ibunya telah diajukan ke pengadilan, Rabu waktu AS (Kamis pagi WIB), sementara kepastian pemakaman almarhum yang amat dirahasiakan masih misteri.

Sejumlah media melaporkan bahwa upacara kebaktian akan diadakan Selasa pekan nanti di markas besar klub bola basket Los Angeles Lakers di Staples Center atau gelanggang olah raga kota Los Angeles di Coliseum, namun baik juru bicara keluarga Jackson maupun pihak yang terlibat dalam acara itu tidak mau mengonfirmasikan spekulasi media itu.

Keluarga Jackson telah mengeluarkan sebuah pernyataan yang menyebutkan bintang musik pop itu tidak akan ada acara di Neverland Valley Ranch di California tengah sehingga tak ada pemakaman dan kebaktian di tempat ini.

Awal pekan ini media massa memberitakan bahwa pihak keluarga tengah mempertimbangkan Neverland sebagai tempat pengebumian jenazah.

Sementara surat wasit yang ditandatangani Michael ini menyangkut harta senilai lebih dari 500 juta dolar AS dan menempatkan aset itu dalam penguasaan Keluarga Michael Jackson, yang akhirnya diserahkan kepada tiga anaknya, ibunya (nenek ketiga anak Michael) dan sebuah yayasan yang belum diketahui namanya.

Surat wasiat ini secara khusus menghilangkan hak mantan istrinya Debbie Rowe, sebaliknya menyebutkan ibu sang mega bintang, Katherine Jackson (79), sebagai wali anak-anaknya: Prince Michael Jackson Jr (12), Paris Michael Katherine Jackson (11), dan Prince Michael Joseph Jackson II (7).

Jika Katherine Jackson tidak mampu mengemban tugas perwalian itu, maka penyanyi dan sahabat lama Diana Ross akan menggantikannya.

Debbie Rowe adalah ibu dari dua anak tertua Michael, sementara penasihat hukumnya mengeluarkan pernyataan yang menggambarkan pernyataan Debbie bukan ibu biologis bagi kedua anak Michael adalah bohong belaka.

Sebelum pernyataan itu muncul, Katherine Jackson ditetapkan oleh pengadilan Los Angeles sebagai wali sementara ketiga anak dan menjadi ahli waris Michael sampil persidangan digelar pada 6 Juli.

Surat wasiat bertahun 2002 itu mencantumkan pula nama jaksa Los Angeles, John Branca, dan eksekutif musik John McClain sebagai koeksekutif.

Rabu waktu AS ini, kedua orang ini telah meminta hakim pengadilan Los Angeles untuk mengesahkan hak wali dan waris Katherine Jackson tersebut, namun hakim menolak permohonan itu dan akan mengambil keputusan pada sidang Senin pekan depan.

Sejak kematiannya pekan lalu, spekulasi merebak luas bahwa akan ada wasiat-wasiat lainnya dan gugatan terhadap harta milik Michael Jackson yang diantaranya termasuk kepemilikan katalog musik The Beatles dan perusahaan musik milik Michael.

Michael disebut-sebut memiliki utang 500 juta dolar AS ketika meninggal dunia, namun assetnya dilaporkan mencapai 1 miliar dolar AS yang melebihi perkiraan kasar nilai warisan Michael yang melampaui 500 juta dolar AS.

Belum bisa dipastikan apakah nilai warisan yang diajukan ke pengadilan itu, ditandatangani pada 2002 atau menjelang kematiannya. Dalam banyak hal, nilai warisan itu bisa setiap kali meningkat mengingat Michael adalah salah seorang diantara bintang pop terlaris dan "Thriller" pada 1982 adalah album paling larik sepanjang masa.

Jaksa David Seeley, yang mengupayakan hak penguasaan warisan Marlon Brando, menyatakan semua orang telah saling mengklaim berhak atas warisan Marlon begitu aktor legendaris itu meninggal.

"Saya perkirakan akan ada banyak klaim waris serupa terhadap Michael Jackson, karena lingkup keselebritisannya, dan orang-orang yang mengitarinya, serta dari besar uang yang ada dicakupnya," kata Seeley.

Belum lama ini seorang warga London, Nona Paris Lola A. Jackson, mengajukan gugatan di Los Angeles bahwa dia adalah istri Michael sehingga warisan dan anak-anaknya harus menjadi miliknya, namun klaimnya ini ditolak mentah-mentah para ahli hukum dan pihak lainnya.

Spekulasi mengenai digunakannya obat-obatan sebelum kematiannya terus merebak, namun hasil tes racun (toksiologi) dari otopsi resmi membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menentukan obat apa yang berada dalam tubuhnya.

Keluarga Jackson telah menyelenggarakan otopsinya sendiri, namun meskipun sang ayah Joe Jackson menyatakan keluarga mengetahui hasil otopsi tersebut, keluarga belum mengumumkannya. (Kompas.com)

 


0 Responses to “Inilah Orang-Orang yang Berhak Atas Warisan Jackson”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: