08
Jul
09

Taburan Bintang Iringi Kepergian Jackson

Peti Jackson Akhirnya mobil jenazah Michael Jackson tiba di Staples Center, Los Angeles (California, AS), pada kira-kira pukul 09.45 waktu setempat. Kira-kira 20.000 orang memenuhi Staples Center, dari bagian hingga ke tribun. Mereka termasuk sejumlah selebritas dan para pemenang undian 8.750 pasang tiket gratis untuk ambil bagian dalam upacara penghormatan terakhir bagi sang mendiang. Sementara itu, kira-kira 6.500 orang lainnnya mendapat tempat di Nokia Center,
dekat Staples Center.

Di panggung biru Staples Center yang berlatar gambar Jackson dan tulisan In Loving Memory: Michael Jackson King of  Pop – 1958-2009, kira-kira pukul 10.10 waktu setempat, upacara didahului dengan Smokey Robinson membacakan komentar-komentar dari sejumlah teman Jackson untuk mengenang King of Pop itu. Robinson menyampaikan pula permintaan maaf Diana Ross, yang tidak bisa hadir.

Setelah itu, pukul 10.30, peti jenazah Jackson dibawa di atas semacam kereta dorong menuju ke depan panggung. Andrae Crouch Choir mengiringinya dengan himne We are Going to See the King.

Usai prosesi tersebut, Pastor Lucius Smith menyampaikan kata-kata perpisahan dan doa untuk Jackson. Tuturnya, Jackson merupakan seorang idola, pahlawan, bahkan raja. Lanjutnya, "Michael juga 
saudara, anak, ayah, dan teman kita. Michael pun merupakan bagian dari Keluarga Jackson, bagian dari manusia."
 
***
Upacara penghormatan terakhir bagi Jackson, yang meninggal dunia di Los Angeles pada 25 Juni 2009 waktu setempat karena gagal jantung, dihadiri oleh Keluarga Jackson. Upacara itu bagaikan sebuah pertunjukan musik bertabur bintang.

Mariah Carey dan Trey Lorenz lalu  membawakan I’ll be There, salah satu hit Jackson, dengan suara indah mereka. Mereka menyambung lagu tersebut dengan menyanyikan secara a capella sepotong lagu We’ll Never Say Goodbye.

Setelahnya, Queen Latifah menyampaikan kata-kata sambutannya. Dengan segala yang diberikan oleh Jackson, ucap Latifah,  seluruh dunia, dari Tokyo hingga Birmingham, kehilangan Jackson. "We are the World," tutupnya mengutip judul hit lainnya dari Jackson.    

Kemudian Lionel Richie melantunkan Jesus is Love. Setelahnya, Berry Gordy, pendiri perusahaan rekaman Motown Records,  yang mengontrak Jackson dan para saudaranya karier mereka, menyampaikan kenangan tentang Jackson dan mengisahkan perjalanan karier Jackson. "Michael merupakan sumber inspirasi bagi saya," katanya. Ia juga memuji moon walk karya Jackson sebagai sebuah keajaiban. "Ia entertainer terhebat yang pernah hidup," katanya lagi.

Tayangan cuplikan penampilan Jackson dalam klip video hingga konser menyusul mengisi acara tersebut. Mereka yang hadir pun menjerit bagaikan menyambut aksi Jackson ketika masih hidup. Stevie Wonder, diiringi oleh permainan pianonya sendiri, melantunkan lagu I Never Dreamed You’d Leave in Summer. Sehabis legenda bola basket Michael Jordan mengenang keterlibatannya dalam klip video Remember the Time dan dijamu ayam goreng oleh Jackson, Jennifer Hudson mengumandangkan satu lagi hit Jackson, I Will be There. Rekaman suara asli Jackson menuturkan lirik lagu tersebut pun dihadirkan sebagai bagian akhir lagu.

John Mayer juga mendapat giliran. Dengan  gitar elektriknya, dikawal band pengiring dan para penyanyi latar, ia menyajikan Human Nature. Sehabis Mayer, masih ada Jermaine Jackson dengan Smile, Usher dengan Gone too Soon dan Shaheen Jafargholi dengan Who’s Loving You.

Sebelum penampilan Jermaine, Brooke Shields, dengan ucapan terbata-bata dan mata basah, menuturkan kenangannya bersama Jackson. Shields, yang kini berusia 44 tahun, pertama kali mengenal Jackson di usia 13 tahun. Mereka digosipkan berpacaran ketika itu. "Kami dibutuhkan untuk menjadi dewasa. Tapi, ketika berdua, kami adalah anak-anak," ucap Shields. Sambungnya, bagi banyak orang Jackson merupakan King of Pop, sedangkan baginya Jackson merupakan Little Prince.

Upacara penghormatan bagi Jackson ditutup dengan Keluarga Jackson menyampaikan terima kasih kepada publik dan selamat jalan bagi Jackson. Sebelumnya, We are the World dan Heal the World disuarakan bersama-sama oleh sejumlah artis musik. "Sejak saya lahir, Daddy merupakan ayah yang terbaik. Saya mencintainya," tutur Paris Katherine Jackson sembari menangis. Paris merupakan satu dari dua anak kandung Jackson dari Debbie Rowe, mantan istrinya.

Peti jenazah Jackson dibawa pergi. Staples Center kembali sepi.  (Kompas.com, CNN/ATI, AP. Photo)


1 Response to “Taburan Bintang Iringi Kepergian Jackson”



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: